6 Cara Ampuh yang Dapat Dipakai Orang Tua untuk Anak yang Kecanduan Gadget

Mengatasi kecanduan gadget
Ilustrasi: Mengatasi kecanduan gadget. (Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.comGadget atau gawai kini makin memiliki peran dan fungsi penting dalam kehidupan seseorang termasuk anak-anak. Anak dapat belajar, menambah pengetahuan dan keterampilan dari gadget mereka. Tidak hanya itu, mereka juga bisa mendapatkan hiburan dari alat eletronik tersebut.

Sayangnya, namanya juga anak-anak, kadang belum bisa mengendalikan diri dalam menggunakan gadget sesuai dengan kebutuhan. Anak bisa saja menggunakan gadget secara berlebihan hingga menimbulkan kecanduan.

BACA JUGA:

Kecanduan gadget ini dapat mengakibatkan dampak buruk seperti anak tidak mau bergaul dengan teman, lupa belajar dan mengerjakan tugas, dan yang paling bahaya adalah menggangu kesehatan mata.

Masalah kecanduan gadget ini kerap terjadi di sekitar kita dan membuat para orang tua bingung cara mengatasainya. Inilah enam cara ampuh yang dapat dicoba orang tua untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget.

Mengurangi frekuensi secara bertahap

Saat anak sedang kecanduan gadget, kita tidak bisa menghentikannya begitu saja. Mereka bisa saja akan marah, memberontak, dan meminta gadget-nya itu dikembalikan. Jangan diminta atau direbut, tetapi buatlah frekuensi waktu menggunakan secara bertahap. Misalnya dari enam jam per hari menjadi empat jam per hari pada pekan depan, dan seterusnya hingga akhirnya anak tidak tergantung pada gadget.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*