Dear Parents, Inilah 10 Keterampilan Dasar yang Harus Diajarkan pada Anak

Sharing for Empowerment

Mengatur keuangan

cara awal untuk mengajari anak mengatur keuangan adalah dengan memberikan anak uang jajan dan minta ia untuk mengaturnya. Orang tua dapat melatihnya dengan memberikan uang secara periode mingguan atau bulanan.

Mereka dapat diajarkan membuat pencatatan pemasukan dan pengeluaran, membuat anggaran perencanaan pemasukan dan pengeluaran, menyisihkan uang dan menghindari pengeluaran uang  untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan, mendorong kebiasaan menabung dan beramal, mengajarkan cara menggunakan ATM.

Berbelanja

Berbelanja di supermarket, pasar, atau toko bisa menjadi kegaitan yang menyenangkan bagi anak. Mereka akan mengamati jual beli yangdilakukan dan belajar banyak hal lain pula. Mereka bisa belajar mulai dengan membuat daftar belanja, mengenal merek, menghitung diskon, serta membayar barang yang dibeli dan menghitung kembalian.

Pertolongan pertama

Keterampilan dasar satu ini sangat penting yakni bila terjadi kedaruratan. Anak harus paham isi kotak P3K dan cara menggunakannya. Keterampilan satu ini tidak hanya berguna bagi anak sendiri tetapi dapat juga ia pakai untuk menolong teman atau orang sekitarnya. Keterampilan yang bisa mereka lakukan adalah mengetahui kegunaan obat dan alat yang ada di kotak P3K, membersihkan dan menutup luka kecil, mengenali tanda darurat, dan  menelpon doter, klinik atau rumah sakit.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*