Jangan Sedih! Inilah 5 Ide Istimewa Untuk Mahasiswa Rantau Saat Libur Natal

Kado Natal bisa disesuaikan dengan kesukaan, hobi atau kepribadian penerima
Kado Natal bisa disesuaikan dengan kesukaan, hobi atau kepribadian penerima (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah di luar daerah atau di luar negeri yang jauh dari kerabat dan keluarga memang banyak cerita. Baik suka maupun duka. Kuliah di luar negeri berarti juga mendapatkan kesempatan untuk menikmati perayaan libur Natal di negeri atau daerah orang.

Memang idealnya adalah berkumpul dengan keluarga di tanah air dalam situasi penuh kehangatan. Namun, kendala berupa harga tiket yang mahal, jadwal ujian, visa atau kendala lain dapat menghalangi kerinduan untuk berkumpul dengan keluarga dekat.

BACA JUGA:

Jangan berkecil hati, kalau kamu tidak bisa pulang, pasti banyak hal yang dapat kamu lakukan di daerah rantau. Jadikan momen indah ini sebagai kesempatan untuk memaknai hidup di luar negeri dan kehidupan rantau.

Inilah ide istimewa yang dapat dilakukan mahasiswa rantau saat libur Natal. Cekidot, yuk!

Berbagi cerita tradisi Natal

Natal merupakan hari raya bagi umat Kristiani yang sudang berlangsung ratusan tahun lamanya. Setiap negara dan budaya akan memberi efek yang membuat tradisi natal unik dan berbeda. Tradisi perayaan Natal di Indonesia tentu saja berbeda dengan tradisi Natal temanmu yang berasal dari negara lain.

Kamu bisa memulainya dengan memasak makanan khas di masa Natal ini untuk dibagikan ke teman dari negara lain agar mereka mengenal juga makanan khas dari Indonesia. Selain itu, kamu dapat juga memutar lagu Natal dari daerah-daerah di Indonesa agar memberikan nuansa berbeda. Selain lagu Natal dapat juga memamerkan budaya Indonesia yang lain.

Jalan-jalan bersama teman

Selain mengenalkan budaya dan tradisi Natal dari Indonesia kepada teman-teman dari negara lain, liburan Natal ini juga merupakan kesempatan buatmu melakukan short trip untuk memberimu wawasan langsung mengenai kehidupan dan tradisi di luar negeri.  Kamu dapat mengunjungi kota-kota sebelah, mengunjungi Christmas night market, konser, caroling nights, atau sekadar membuka tenda di alam lepas untuk menikmati keindahan pemandangan.

Tukar kado

Acara tukar kado ini biasa dilakukan di Indonesia, tidak ada salahnya kegiatan ini dibawa ke rantau bersama teman-teman dari negara atau daerah lain yang juga tidak berkesempatan pulang ke daerah asal mereka.

Buatlah ketentuan harga minimal dan maksimal untuk kadonya. Jangan sampai juga memberatkan semua peserta. Lakukan undian untuk membagi kado yang terkumpul agar keseruan tercipta dan dapat menjadi penambah keakraban yang terjalin.

Ikut kegiatan sukarelawan

Ide berikutnya adalah kamu dapat mengisi liburan Natal dengan menjadi tenaga relawan. Cara ini dapat membuatmu bahagia karena membantu orang lain. Merayakan Natal bersama orang asing, seperti di panti jompo misalnya, pasti akan membawa nuansa dan pengalaman berbeda yang tidak akan kamu lupakan sepanjang hidup.

Waktunya belanja

Akhir tahun dan Natal merupakan surga bagi pemburu barang diskonan. Banyak merek terkenal yang juga memberikan diskon yangbesar dan sangat menggoda pada saat Natal dan tahun baru. Masa diskon ini merupakan kesempatanmu untuk mendapatkan barang yang telah kamu idamkan sejak lama.

Ide-ide istimewa untuk merayakan libur Natal bagi mahasiswa di tanah rantau tersebut dapat kamu coba. Pastikan menemukan sirkel yang sama-sama tidak pulang saat liburan kali ini agar momen dan makna Natal di negeri orang lebih terasa nuansanya. Selamat liburan, ya. Enjoy!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*