Inilah Bentuk Pelecehan Seksual yang Harus Diketahui Pelajar, Mahasiswa, dan Orang Tua

Stop kekerasan seksual di perguruan tinggi. (Ist.)
Stop kekerasan seksual di perguruan tinggi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pelecehan seksual merupakan segala bentuk perlakuan tidak menyenangkan yang mengarah kepada hal-hal yang berbau seksual. Hal ini dapat terjadi kapan pun, di mana saja dan menimpa siapapun. Secara umum, golongan pelaku dan korbannya bisa sangat beragam dan tidak terbatas.

Secara umum, pelecehan seksual merupakan bentuk diskriminasi yang terdiri dari tiga jenis perilaku pelecehan. Inilah bentuk pelecehan seksual yang harus kita kenali bersama untuk dapat diwaspadai dan dihindari.

BACA JUGA:

Pelecehan jenis kelamin

Pelecehan jenis kelamin dapat menimpa semua jenis kelamin. Bentuknya adalah perilaku verbal dan non-verbal yang menunjukkan permusuhan, objektifikasi, pengucilan, perendahan atau menjadikan salah satu jenis kelamin sebagai ‘warga kelas dua’.

Pelecehan jenis kelamin yang paling sederhana dapat terjadi pada kalangan teman saat bercanda dengan merendahkan satu jenis kelamin tertentu karena dia minoritas. Meskipun bercanda hal ini seyogianya sudah dapat kita hindari bersama.

Perhatian seksual yang tidak diinginkan     

Bentuk dari pelecehan seksual jenis ini adalah rayuan verbal atau fisik yang tidak diinginkan dan dapat mencakup penyerangan. Contohnya adalah:




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*