Badan Bahasa Tetapkan “Vaksin” Menjadi Kata Tahun Ini (KTI) 2021

Vaksin Covid-19
Ilustrasi: Vaksin Covid-19 (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setelah milenial (2019) dan pandemi (2020), Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menetapkan “vaksin” sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2021.

KTI adalah kata/istilah yang ada dalam KBBI dan dipilih karena dapat mewakili fenomena yang paling mendominasi sepanjang tahun 2021.

BACA JUGA:

KTI tidak hanya berupa kata tunggal, tetapi dapat juga berupa frasa atau istilah untuk konsep tertentu. Di antara kata/istilah yang diusulkan menjadi menjadi Kata Tahun Ini, seperti infodemik, krisis iklim/darurat iklim, krofel, lokapasar, dan presidensi; kata vaksin ditetapkan sebagai KTI 2021 berdasarkan beberapa pertimbangan, yaitu popularitas dan penggunaan kata vaksin di berbagai kalangan yang dibuktikan dengan data dari Google Trends, serta keluasan distribusinya.

Vaksin bukanlah kata baru. Di KBBI, vaksin sudah muncul sejak edisi pertama. Kata ini kembali ramai dibicarakan di berbagai media sejak pandemi Covid-19 melanda.

Popularitas kata vaksin pada tahun 2021 sangat tinggi karena sejak awal tahun pemerintah berupaya melakukan vaksinasi untuk menanggulangi Covid-19 dan melindungi masyarakat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*