Perubahan Kurikulum, Guru Dituntut Adaptif, Inovatif, dan Terus Belajar

Sharing for Empowerment

“Terdapat beberapa perbedaan signifikan antara Kurikulum Darurat dengan Kurikulum 2013, terutama terkait pengadaan modul untuk orang tua. Modul tersebut sangat bermanfaat bagi orang tua dalam mendampingi anaknya saat belajar di rumah,” ujar Mariyatul.

Menurut Mariyatul, Kurikulum Darurat sangat membantu praktik pembelajaran guru.

“Guru tidak perlu terburu-buru untuk sekadar menuntaskan materi. Guru menjadi lebih leluasa untuk melakukan pendalaman materi. Kelebihan lain dari Kurikulum Darurat ialah adanya asesmen diagnostik. Asesmen ini memungkinkan guru mengetahui model dan kemampuan siswa dalam belajar. Maka, asesmen ini dapat membantu guru dalam mengajar sesuai dengan kemampuan para siswa,” papar Mariyatul.

Guru di SD Negeri 1 Batuan, Maya mengatakan, sebelum orang tua dan siswa diberikan modul-modul pembelajaran Kurikulum Darurat, sekolah telah mengadakan sosialisasi terlebih dahulu kepada para orang tua. Sekolah pun berinisiatif untuk mengadakan sesi konsultasi bagi orang tua yang memerlukan bantuan lebih lanjut dan penggandaan modul untuk membantu orang tua yang kesulitan dalam mengakses modul secara daring.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*