Tercatat 2500 Bencana Sepanjang 2021, Hadapi Bencana dengan Ilmu Pengetahuan

Ilustrasi: Begini langkah-langkah agar sepeda motor tetap tangguh melintasi genangan banjir. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Begini langkah-langkah agar sepeda motor tetap tangguh melintasi genangan banjir. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sepanjang tahun 2021 tercatat lebih dari 2.500 bencana terjadi di Indonesia. Mulai dari bencana geologi, hidrometeorologi, antropogenik (kebakaran hutan dan lahan) dan bencana non-alam (pandemi).

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai lembaga riset dan inovasi mempunyai kapasitas untuk terus meningkatkan pemahaman fisis sumber dan proses terjadinya bencana tersebut. Tentu diharapkan hasil riset juga bisa dimanfaatkan untuk mitigasi dan adaptasi menghadapi ancaman bencana.

BACA JUGA:

Profesor Riset bidang Geologi Gempa dan Kebencanaan pada Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Kebumian, BRIN, Danny Hilman Natawidjaja mengungkapkan bahwa wilayah Indonesia yang berada di Cincin-Api Pacific dan pertemuan tiga Lempeng benua, gempa bumi dan letusan gunung api yang tidak bisa dihindari.

“Kadang gempa juga disertai tsunami. Kondisi itu harus dihadapi dengan ilmu pengetahuan yang mumpuni, serta sikap bijak, dan tindakan mitigasi yang cerdas,” tegasnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*