Mau Kuliah di PTN? Inilah Jadwal Lengkap Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022

Anak SMA, SNMPTN
Anak SMA siap SNMPTN (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis jadwal dan tahapan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

BACA JUGA:

Jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi negeri (PTN) akan dilakukan melalui tiga jalur:

  • Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa.
  • Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serta kriteria lain yang disepakati PTN.
  • Seleksi mandiri di mana dapat menggunakan nilai hasil UTBK.

Kuota daya tampung setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SNMPTN ditetapkan paling sedikit 20 persen dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Sementara, kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40 persen dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Kuota setiap program studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30 persen dari daya tampung program studi yang bersangkutan.

Saat pendaftaran siswa dapat memilih dua program studi paling banyak dua PTN. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih  satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*