Beton Pun Membutuhkan Sauna: Penelitian Mahasiswa Teknik Sipil UPJ

Sharing for Empowerment

Meskipun merupakan barang keras, namun beton pada kenyataannya butuh perawatan, khususnya pada usia muda hingga umur 1 bulan atau 28 hari. Metode konvensional perawatan beton umumnya adalah dengan direndam dalam air atau dengan disiram air basah secara berkala. Namun dalam beberapa waktu terakhir metode perawatan beton menjadi lebih maju, salah satunya dengan cari dihembusi dengan uap air panas, seperti halnya orang yang sedang menjalani proses sauna.

Hanif Fitria dan Aan, dua mahasiswa meneliti metode perawatan beton dengan uap air panas. Metode ini kerap dikenal dengan metode steam curing. “Perawatan beton dengan metode steam curing mampu menambah nilai kekuatan beton. Suhu tinggi di luar beton menyebabkan partikel internal beton semakin aktif bergerak, sehingga tumbukan semakin sering”.

Hal inilah yang menyebabkan laju reaksi hidrasi bertambah cepat dan efeknya adalah meningkatnya nilai kekuatan beton. Sedangkan menurut Aan, “dengan memberikan perawatan uap panas pada beton, akan menghasilkan beton yang memiliki durabilitas tinggi di lingkungan yang korosif seperti air laut”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*