Ini Perbedaan Paper dan Jurnal, Mahasiswa Wajib Tahu

Ilustrasi baca jurnal dan penelitian ilmiah (KalderaNews/ Ist).
Ilustrasi baca jurnal dan penelitian ilmiah (KalderaNews/ Ist).
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kamu pasti pernah mendengar paper dan jurnal, bukan? Bagi kamu yang sedang mengerjakan tugas akhir, atau tugas kuliah, biasanya dua istilah ini tidak asing. Terkadang dosen menyuruh mahasiswa untuk melakukan review jurnal atau paper.

Banyak yang menganggap bahwa artikel ilmiah itu jurnal. Dan paper hanya ulasan tertentu. Nah, agar tidak bingung, simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA:

Sebuah hasil penelitian saat kuliah disebut tugas akhir. Bentuknya bisa skripsi, tesis, maupun disertasi. Penelitian di luar tugas akhir itu biasanya berbentuk artikel ilmiah. Artikel ilmiah ini merupakan penjelasan mengenai hasil penelitian baik mandiri atau kelompok.

Artikel ilmiah ini akan valid atau terpercaya dan dapat digunakan oleh orang lain untuk dijadikan sebagai referensi penelitian jika telah dipublikasikan. Cara publikasi penelitian ini dapat dilakukan dengan du acara yakni seminar atau konferensi baik di level nasional maupun internasional. Dan melalui publikasi jurnal nasional atau internasional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*