Dear Mahasiswa, Inilah Tip Mudah Membuat Rumusan Masalah Penelitian

Pusing Tugas Akhir dan Skripsi
Pusing Tugas Akhir dan Skripsi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Rumusan masalah merupakan hal penting yang wajib diketahui oleh para mahasiswa. Sebab membuat rumusan masalah selalu diperlukan saat menyusun skripsi, makalah, ataupun karya ilmiah. Tanpa ada rumusan masalah, kegiatan penelitian tidak akan membuahkan hasil apapun.

Rumusan maslaah dapat dimaknai sebagai suatu kalimat pertanyaan yang disusun berdasarkan adanya permasalahan dan akan dicarikan jawabannya melalui pengumplan data dalam suatu proses penelitian. Dengan adanya rumusan masalah ini, skripsi, makalah, maupun karya ilmiah lain seperti sudah separuh terselesaikan.

BACA JUGA:

Rumusan masalah memiliki peran yang cukup besar dalam sebuah karya ilmiah. Salah satunya adalah membantu peneliti agar tetap melakukan penelitian sesuai dengan koridor atau jalur penelitian. Selain itu, rumusan masalah juga merupakan cara bagi peneliti untuk bisa mengatasi masalah yang dihadapi selama melakukan penelitian.

Sayangnya, membuat rumusan masalah memang gampang-gampang susah. Tidak semudah membuat pertanyaan sehari-hari. Namun demikian, bila kamu tahu tip mudahnya, tentu membuat rumusan masalah dapat dilakukan dengan cepat. Inilah tip membuat rumusan masalah penelitian yang dapat kamu aplikasikan dengan mudah.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*