8 Persiapan Jitu Ini Harus Dilakukan Sebelum Berangkat KKN, Simak Yuk

Mahasiswa KKN, mangajar anak-anak
Ilustrasi: Mahasiswa KKN, mangajar anak-anak
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan program kurikuler yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa dari semua jurusan tanpa kecuali. KKN ini memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk siap terjun ke tengah masyarakat secara langsung.

Meskipun kegiatan ini tidak dapat dikatakan singkat, tentu akan mengundang rasa penasaran dan ngeri-ngeri sedap pada mahasiswa. Agar tidak terjadi kepanikan, maka kamu dapat melakukan 8 persiapan jitu ini sebelum berangkat KKN.

BACA JUGA:

Siapkan pikiran, mental, dan tenaga

Berangkat KKN ibarat berangkat ke medan perang. Kamu tidak hanya harus menyiapkan pikiran saja, tetapi kamu juga harus siap mental dan tenaga. Selain itu, karena kamu ada di lingkungan yang benar-benar baru dan sendirian, kamu juga harus pandai menghadapi berbagai permasalahan yang ada agar berguna bagi warga sekitar.

Siapkan keperluan pribadi

Selain mempersiapkan pikiran, mental, dan tenaga, kamu juga harus siap dengan keperluan pribadimu. Misalnya alat mandi, pakaian, hingga obat-obatan yang biasanya kamu perlukan. Hal ini untuk menghindari adanya kondisi darurat padahal lokasi KKN jauh dari kota.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*