Orang Tua Wajib Tahu! 5 Tanda Anak Siap Belajar Membaca

Kedekatan-orang-tua-dan-anak-2
Ilustrasi Kedekatan Orang Tua dan Anak (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Orang tua kerap mendapati pertanyaan tentang pada usia berapa anak mereka siap belajar membaca. Hal ini dapat dipicu oleh anak lain yang sudah dapat membaca sedangkan anak mereka belum. Anak yang belum bisa membaca saat anak lain sudah tentu akan menimbulkan kecemasan tersendiri bagi para orang tua.

Kekhawatiran orang tua tersebut cukup beralasan. Namun, jangan sampai berlebihan. Orang tua tidak perlu membandingkan  kemampuan satu anak dengan anak yang lain. Karena tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda, meskipun secara umum polanya sama.

BACA JUGA:

Usia 4 sampai 5 tahun merupakan usia yang baik untuk mulai memperkenalkan anak pada dasar-dasar baca tulis. Kemampuan ini disebut juga pre-reading skills, yaut pengenalan huruf dan angka, mendengarkan sajak berima, dan mencocokkan kata-kata dengan bunyi awal yang sama.

Sebelum memperkenalkan keterampilan ini, baiknya orang tua mengetahui kesiapan anak untuk mulai belajar membaca. Inilah lima tanda anak siap belajar membaca yang harus diketahui oleh orang tua.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*