Inilah Ciri-ciri Pelaku dan Korban Bullying, Kuy Kenali Sekitar Kita

Perundungan (bullying) pada anak
Illustrasi: Perundungan (bullying) pada anak (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Psikolog Trisa Genia C. Zega, M.Psi menyebutkan ciri-ciri orang yang suka melakukan bullying di webinar Rise Against Bullying (RISING) 2021 bertajuk “Say No To Bullying” yang diselenggarakan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) melalui Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) pada Jumat, 19 November 2021.

Ia mengatakan ciri-ciri orang yang suka melakukan bullying adalah tidak suka apabila melihat orang yang bahagia. Pelaku bullying akan berusaha bagaimana caranya supaya korban menderita.

“Sebetulnya ada sesuatu hal yang terjadi kepada pelaku bullying ini sehingga mereka tidak ingin orang lain hidupnya bahagia,” katanya.

BACA JUGA:

Selanjutnya, Ia ingin masyarakat lebih banyak yang menyadari bahwa bullying memiliki dampak yang serius terhadap korban maupun terhadap pelaku. Karena korban akan mengalami permasalahan dalam kesehatan mental.

Bullying yang dialami oleh anak dapat terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang kata Trisa.

“Karena korban merasa tidak berdaya, dianggap bercanda, terjadi secara terselubung yang sulit dibuktikan, dan tidak ada yang menyadari bahwa ini bahaya,” tuturnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*