Dear Ayah Bunda, Inilah 5 Cara Mudah Mengajari Anak Membaca dengan Menyenangkan

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Orang tua pasti akan merasa bangga bila anak kesayangannya dapat segera membaca dengan lancar. Perkembangan membaca ini tentu saja bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah, melainkan juga tanggung jawab orang tua di rumah.

Kolaborasi antara guru di sekolah dan orang tua di rumah akan menghasilkan perkembangan baca bagi anak yang hasilnya pesat  dan menyenangkan. Bila dulu zaman ayah dan bunda, membaca itu dengan cara mengeja, lain halnya sekarang. Anak dapat membaca tanpa perlu mengeja.

BACA JUGA:

Ini lima cara mudah mengajari anak membaca tanpa harus mengeja.

Mengenalkan huruf dengan cara menyenangkan

Cara pertama mengajari anak membaca adalah mengenalkan huruf terlebih dahulu. Bila anak sama selai belum mengenal atau masih kurang menguasai huruf, maka cara memperkenalkannya haruslah dengan cara yang menyenangan. Sebab anak-anak akan lebih cepat untuk menangkap dan menghafalnya.

Cara yang dapat dilakukan adalah flashcard huruf yang disertai dengan gambar dan warna-warna yang cerah. Cara lain adalah dengan bernyanyi sambil membaca table huruf yang ditempelkan di tembok. Pengucapan masing-masing huruf dengan benar, karena ini akan sangat berpengaruh pada caranya membaca kelak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*