Inilah 6 Kiat Menghadapi Wawancara Beasiswa, Agar Lebih Mengesankan dan Percaya Diri

ilustrasi: wawancara kerja (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi kamu yang sedang mendaftar beasiswa, tahapan wawancara biasanya menjadi tahapan seleksi akhir untuk menentukan apakah kamu layak menerima beasiswa.

Tahapan wawancara biasanya membuat kamu deg-degan, karena harus bertemu dengan pewawancara dan menghadapi berbagai pertanyaan yang kadang tidak terduga.

BACA JUGA:

Nah, supaya kamu bisa maksimal dalam menghadapi wawancara beasiswa, berikut 6 kiat yang bisa kamu terapkan pada saat wawancara beasiswa, seperti dikutip dari akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek, @ditjen.dikti:

  1. Berpakaian rapi dan formal untuk menciptakan impresi awal yang mengesankan.
  2. Postur tubuh tegap dengan posisi duduk tegak, yang akan membuat pewawancara terkesan dengan sikap sopan dan disiplin dari kandidat.
  3. Riset dan ketahui hal mendasar, keunggulan, dan prestasi kampus maupun jurusan untuk menunjukkan antusiasme kepada pewawancara.
  4. Percaya diri dalam menyampikan jawaban yang komprehensif dan terinci guna menarik minat pihak kampus atau pewawancara.
  5. Usahakan berkontak mata dengan cara yang alami, supaya pewawancara tetap fokus dengan jawaban yang kandidat berikan.
  6. Miliki satu atau dua pertanyaan yang akan diberikan pada pihak kampus atau pemberi beasiswa, untuk menunjukkan bahwa kandidat punya rasa ingin tahu lebih terhadap kampus atau jurusan yang dituju.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*