Calistung Versus Keterampilan Sosial untuk Anak 5 Tahun: Pahami 3 Hal Penting Ini

Sharing for Empowerment

Keterampilan sosial atau social skill ini membuat anak lebih mudah bergaul dan menjalin persahabatan dengan teman sebayanya. Persahabatan pada masa kecil baik untuk kesehatan mental anak-anak.

Bahaya dari proses belajar pada anak yang penuh tekanan

Menurut Seto Mulyadi , atau yang akrab disapa Kak Seto, anak usia TK hanya diwajibkan untuk bermain. Pada tingkatan TK, anak-anak bisa diajarkan bersosialisasi, mengenal konsep kerjasama dengan teman, sopan santun, dan saling menghormati. Orang tua tidak perlu memaksakan anak-anaknya untuk belajar calistung bila memang anak belum menunjukkan minatnya secara serius.

Kak Seto juga menandaskan bahwa orang tua tidak perlu memaksakan tahap perkembangan anaknya sebab hal tersebut akan mengganggu perkembangan jiwanya. Hal yang terpenting adalah orang tua bisa bahagia dengan putra putri mereka yang ceria, dan tidak ada kekerasan atas nama pendidikan.

Belajar yang  penuh tekanan atau paksaan hasilnya akan kontra produktif dan hasilnya tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan bersama. Peran orangtua penting untuk membimbing anak berkembang sesuai dengan tahapan usianya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*