Calistung Versus Keterampilan Sosial untuk Anak 5 Tahun: Pahami 3 Hal Penting Ini

Kedekatan-orang-tua-dan-anak-2
Ilustrasi Kedekatan Orang Tua dan Anak (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Membesarkan seorang anak pasti tidak lepas dari pertumbuhan dan perkembangan. Bila pertumbuhan identik dengan hal-hal fisik, maka perkembangan dapat diukur melalui keterampilan, seperti bicara, motorik kasar dan halus, sosial, dan lain-lain.

Perkembangan pada anak yang kemudian menghasilkan  keterampilan merupakan hal yang butuh distimulasi. Maka peran orang tua sangatlah penting untuk memberikan stimulasi pada anak ini.

BACA JUGA:

Secara tidak sadar, orang tua ada juga yang kerap membandingkan perkembangan anaknya dengan anak lain. Padahal hal ini tidak dapat dibenarkan. Alih-alih dapat meningkatkan keterampilan sang anak, cara stimulasi dengan membandingkan kemampuan setiap anak malah dapat menimbulkan trauma pada anak.

Bila dalam kenyataannya orang tua menjumpai anaknya yang berusia 5 tahun belum dapat membaca, menulis, dan berhitung (calistung) maka sebagai orang tua tidak perlu panik. Pada usia 5 tahun anak tidak wajib harus menguasai calistung, sebagai gantinya cermati 3 hal penting berikut




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*