Dear Fresh Graduate, Hindari Kesalahan Berikut Saat Membuat CV

Sharing for Empowerment

ATS ini merupakan software yang dipakai rekruter untuk menyaring CV kandidat. Kalau CV-mu sulit dibaca teknologi ini, peluangmu lolos seleksi jadi mengecil. Otomatis, pekerjaan impian jadi makin sulit didapatkan.

Tetap gunakan format yang sederhana tetapi tetap modern.

Tidak valid

Menuliskan sesuatu yang tidak sesuai kenyataan adalah big no untuk CV. Misalnya, IPK kamu hanya 3.00 tetapi karena syarat minimal pekerjaan yang dituju adalah IPK 3.20, lantas kamu menuliskan yang tidak sesuai dengan fakta. Jangan, ya!

Terlalu panjang

CV bukanlah esai. Jadi tidak perlu terlalu panjang. CV yang terlalu panjang tidak akan menjamin diterima kerja oleh perusahaan, sebaliknya, rekruter akan sulit menemukan hal yang mereka butuhkan dari CV kamu. Idealnya kamu dapat membuat CV-mu sebanyak dua halaman saja agar profilmu efektif untuk dibaca.

Hindari privasi

Sekalipun, misalnya, kamu mempunyai kesan buruk dengan kantor atau perusahaan terdahulu, mencantumkan konten yang sifatnya tertutup untuk kalangan terbatas adalah kesalahan besar. Membuat CV sama sekali bukan bertujuan untuk menimbulkan kontroversi atau membuka rahasia perusahaan ke ranah publik, sehingga kita harus bijak untuk memilah informasi mana yang dapat dimasukkan ke CV.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*