Dear Fresh Graduate, Hindari Kesalahan Berikut Saat Membuat CV

Fresh graduate perlu membangun personal brand (Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – CV merupakan komponen penting untuk melamar kerja. Namun, saat membuat CV dan melampirkannya untuk melamar kerja, ternyata ada kesalahan yang kerap ditemukan oleh rekruter. Dan ini banyak yang luput dari perhatian pelamar kerja.

Padahal, setiap detail dari CV merupakan hal penting dan mempunyai peran masing-masing menurut sudut pandang tiap perusahaan yang akan kamu tuju. Bila kamu fresh graduate yang masih meraba untuk membuat CV, pastikan kamu tidak melakukan 10 kesalahan umum saat membuat CV berikut ini.

BACA JUGA:

Salah ketik atau typo

Typo merupakan kesalahan yang paling umum terjadi pada CV. CV dapat diibaratkan sebagai wajah yang akan pertama kali dilihat oleh tim rekruter. Salah penulisan satu huruf pun seharusnya tidak terjadi di tulisan yang sifatnya formal, apalagi CV.

Untuk menghindari adanya typo ini, kamu perlu meneliti kembali setelah CV selesai diketik. Jika amu mempunyai teman yang mau memeriksa ketikan CV-mu dan menjadi editor.

Terlalu kreatif

Kesalahan kedua yang harus dihindari adalah membuat CV terlalu kreatif. Memang perusahaan kreatif seperti stasiun radio, start-up, e-commerce, dan media biasanya tidak terlalu kaku dalam format CV. Meskipun demikian, kamu harus tetap  hati-hati. Sebab  CV yang terlalu kreatif apalagi dengan font yang sulit dibaca akan rawan dideteksi oleh applicant tracking system (ATS).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*