Panduan Membuat CV yang Menarik Buat Lulusan Baru, Agar Segera Diterima Kerja

Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja
Ilustrasi: Lulus Kuliah Langsung Dapat Kerja
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – CV yang menarik bak etalase. Bila etalase berbicara mengenai barang, maka CV adalah ‘etalase’ dari kemampuan seseorang. CV yang menarik juga dapat dikatakan sebagai first impression agar rekruter makin terpesona dan ingin menjadikanmu pekerja di dalam perusahaannya.

Membuat CV yang menarik memang gampang-gampang susah. Tim HRD perusahaan hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk menilai seseorang dari CV-nya apakah layak dipanggil wawancara atau tidak. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara membuat CV yang menarik.

BACA JUGA:

Inilan panduannya. Yuk, simak caranya berikut ini!

Buat CV singkat, padat, dan jelas

CV yang bagus adalah yang singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele. Ringkasannya cukup jelas dan tidak membingungkan bagi rekruter. Usahakan CV-mu seringkas mungkin jangan sampai lebih dari dua halaman.

Masukkan data pribadi dengan jelas dan singkat dalam setiap kolomnya. Jika ingin memasukkan deskripsi diri, usahakan tonjolkan kelebihanmu agar tidak terlalu panjang dan lebar.

Cantumkan pengalaman yang relevan

Cara selanjutnya untuk membuat CV yang menarik adalah memilah pengalaman-pengalaman yang ingin dimasukkan. Pastikan pengalaman tersebut mempunyai relevansi yang tinggi terhadap posisi pekerjaan yang ingin kamu lamar.

Bila kamu ingin melamar sebagaidesainer grafis misalnya, maka proyek desain yang sempat kamu jalani pada perusahaan A dapat kamu masukkan sebagai pengalaman kerja. Pengalaman tersebut dapat kamu masukkan ke dalam CV agar mendapatkan nilai plus dari rekruter.

Bila kamu adalah fresh graduate yang belum punya pengalaman, kamu bida memasukkan hard skill atau soft sekill yang dikuasai selama masa kuliah.

Gunakan kata-kata yang powerful

Pada hakikatnya, cara terbaik dalam membuat CV yang menarik adalah memperhatikan kata-kata yang ingin digunakan. Pastikan memilih kata-kata yang mempunyai power atau kekuatan. Sebab kata-kata yang dipilih dalam CV dapat berpengaruh terhadap penilaian rekruiter.

Contoh menggunakan kata yang powerful  adalah misalnya kamu menggambarkan dirimu sebagai pekerja keras, maka kamu dapat menggunakan kata ‘kreatif’. Frasa pekerja keras tellah banyak dipakai, sehingga HRD bosan melihatnya. Bila kamu menggunakan kata ‘kreatif’, maka otomatis HRD akan melihatmu sebagai orang dengan kreativitas tinggi dan mampu mengembangkan perusahaan ke depannya.   

Cek tata bahasa

Dalam bahasa apapun yang kamu gunakan untuk CV, pastikan bahwa pada CV kamu tidak terdapat typo atau kesalahan grammar. Untuk mengantisipasi kesalahan grammar, typo, dan lain-lain. Kamu dapat mengeceknya dengan cara membaca perlahan-lahan atau meminta bantuan temanmu untuk mengecek.

Pakai font professional

Cara ini sepertinya sepele, tetapi dalam membat CV yang menarik, pastikan font yang digunakan terlihat professional, bukan font yang sembarangan apalagi sulit dibaca. Pada dasarnya, font yang sering digunakan dalam membuat CV adalah Times New Roman, Arial atau Calibri dengan ukruan antara 10-12.

Kontak yang aktif itu super penting

Hal yang kerap terlupa adalah mencantumkan nomor HP atau email yang tidak aktif atau jarang dipakai. Padahal. Kontak dalam CV penting bagi rekruter untuk menghubungi kandidat jika lolos ke tahap berikutnya. Untuk alamat email, jangan memberikan alamat email yang terdengar aneh atau alay. Gunakan email professional dengan menggunakan namamu sendiri.

Keyword yang relevan

Selain mencantumkan pengalaman yang revelan, cara lain untuk membuat CV yang menarik adalah memasukkan keyword yang relevan dengan posisi yang dilamar. Sebagai contoh, kamu melamar untuk SEO Specialist. Mungkin kamu bisa memasukkan keyword seperti SEO, SEM, content writer, copy writer, dan lain-lain.

Skill yang kamu maksudkan tersebut akan membantumu untuk meyainkan bahwa kamu adalah pribadi yang berkualitas di mata rekruter. Keyword juga berguna agar mudah ditemukan oleh rekruter saat mereka mencari kandidat di LinkedIn.

Tujuh panduan jitu harus kamu aplikasikan dengan baik pada CV-mu. Bila belum langsung diterima di perusahaan impian, jangan pernah menyerah dan terus setialah berdoa. Karena doa juga hal yang utama. Good luck!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*