Jangan Lakukan Kesalahan Ini Saat Magang, Bisa Fatal Akibatnya!

Ilustrasi magang daring (KalderaNews/Ist).
Ilustrasi magang daring (KalderaNews/Ist).
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Magang merupakan kesempatan untuk melakukan eksplore akan banyak hal  secara langsung di dunia kerja. Magang juga merupakan sarana untuk mempraktikkan keilmuan yang didapat selama kuliah. Oleh karenanya, kesempatan magang harus dimanfaatkan seoptimal mungkin.

Saat magang usahakan menampilkan performance kerja dengan sangat baik. Namun, namanya manusia tentu tidak luput dari kesalahan dan dosa. Kesalahan saat magang dapat berakibat buruk untuk dirimu sendiri dan kampusmu.

BACA JUGA:

So, sebisa mungkin hindari kesalahan yang fatal di tempat magang. Inilah kesalahan saat magang yang harus kamu hindari.

Tidak minta feed back

Magang adalah kesempatan yang tepat untuk banyak belajar. Setelah melakukan suatu pekerjaan, kamu dapat meminta feed back  dari pendmping atau pegawai yang ada di tempat magang. Kamu dapat bertanya tentang kinerjamu, hal yang harus diperbaiki, dan potensi yang dapat dikembangkan.

Terlalu banyak tanya

Magang juga merupakan kesempatan untuk banyak menggali langsung pelajaran di lapangan dengan bertanya. Namun demikian, bertanyalah secara wajar. Jangan sampai kamu terlalu banyak bertanya dan membuat orang lain jadi terganggu.  

Bersikap manja saat magang

Banyak bertanya, selalu minta bantuan, selalu minta ditemani, mengeluh ketika mendapat pekerjaan yang sedikit ribet, adalah beberapa indikasi bahwa kamu bersikap manja di pekerjaan. Jika ciri tersebut ada padamu, segeralah berbenah.

Tidak fokus

Selama magang usahakan kamu fokus penuh. Jangan terlalu memikirkan hal-hal di luar pekerjaan yang kemudian membuatmu tidak fokus.

Sering terlambat

Kebiasaan datang terlambat di perkuliahan jangan sampai dibawa ke tempat magang. Kamu harus presensi sesuai dengan jam yang ditentukan. Jangan terlalu banyak membuat alasan keterlambatan. Tidak hanya tentang kedatangan, saat mengerjakan tugas juga usahakan untuk selesai tepat waktu.

Kurang berkomunikasi

Kurang komunikasi juga merupakan keluhan dari banyak tempat magang. Hal ini disebabkan karena mahasiswa cuek, takut, jaim, atau memang pendiam. Berilah kesan positif dengan bersikap ramah terhadap staf-staf di perusahaan tempatmu magang.

Bersikap malas

Magang akan jadi sia-sia bila dikerjakan dengan malas-malasan. Kebanyakan mahasiswa yang bersikap demikian berasal dari kampus yang mewajibkan program magang. Jadi mereka seolah-olah hanya ingin memenuhi tuntutan kampus saja.

Apapun kondisinya, jaga semangatmu dalam magang jangan sampai kendur. Kerjakan semua tugas yang diberikan dengan penuh tanggung jawab dan selesaikan tepat waktu.

Menolak pekerjaan

Kesalahan lain yang harus dihindari saat magang adalah pilih-pilih pekerjaan, hanya mau mengerjakan pekeraan yang disukai dan dikuasai saja. Sikap ini sangat tidak patut untuk dilakukan oleh mahasiswa magang.

Bersikap sok tahu

Memang ada tipe mahasiswa yang bersikap sok tahu dengan modal teori yang didapat selama kuliah atau referensi acak yang didapatkannya. Jangan sampai kamu bersikap demikian, karena pasti akan dibenci senior, pegawai lain, hingga pimpinan.

Daftar kesalahan di atas hanya sebagian dari sejumlah kesalahan lain yang kerap dilakukan mahasiswa magang. Jangan sampai kamu terjebak dalam kesalahan-kesalahan tersebut dan kesempatan magangmu jadi sia-sia.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*