Ini Perbedaan Paper dan Jurnal, Mahasiswa Wajib Tahu

Sharing for Empowerment

Seminar (conference)

Artikel ilmiah yang kita seminarkan akan dikumpulakn semua dari setiap peserta dan dicetak layaknya buku yang diberi nama prosiding. Prosiding merupakan kumpulan banyak artikel ilmiah dari seminar atau konferensi baik tingkat nasional maupun internasional.

Jurnal

Artikel ilmiah yang tidak dipublikasikan melalui seminar bisa dikirimkan ke redaksi jurnal tertentu untuk diterbitkan. Artikel ilmiah yang dikirimkan tadi dikumpulkan dari banyak peneliti kemudia dibuat buku yang dinamakan jurnal ilmiah dilengkapi nomor volume, nomor terbit, dan tahun terbit.

Jurnal itu seperti publisher yang mempublikasi karya-karya ilmiah. Tentunya tidak semua artikel ilmiah ini diterima. Ada yang namanya peer-review yang dilakukan oleh reviewer untuk menilai kelayakan penelitian tersebut diterbitkan atau tidak.

Paper

Paper adalah nama lain dari artikel ilmiah. Kalau tadi ada istilah prosiding, nah itu merupakan kumpulan dari paper (artikel ilmiah) dari seminar atau konferensi. Atau kalau tadi ada jurnal, itu merupakan kumpulan dari paper (artikel ilmiah). Paper merupakan artikel ilmiah satuan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*