6 Tip Jitu Menghadapi Penguji Sidang Skripsi, Mahasiswa Tingkat Akhir wajib Tahu

Pusing Tugas Akhir dan Skripsi
Pusing Tugas Akhir dan Skripsi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tugas akhir atau skripsi merupakan langkah akhir dalam pendidikan jenjang S-1. Fase ini menjadi gerbang terakhir agar kamu dapat lulus dengan gelar yang kamu impikan. Namun, masa tugas akhir hingga sidang skripsi ini tidaklah mudah dan ringan untuk dilewati.

Penyusunan dan sidang skripsi masih dianggap sebagai momok menyeramkan bagi mahasiswa tingkat akhir di perguruan tinggi. Proses penulisan skripsi pasti diwarnai cerita suka duka. Demikian juga sidangnya. Tidak jarang sidang skripsi ini menimbulkan stres berkepanjangan hingga muncul gejala-gejala gangguan kesehatan seperti jantung berdebar terus menerus, diare, gatal-gatal, insomnia, hingga hilang nafsu makan.

BACA JUGA:

Nah, agar kamu tetap bisa tenang menghadapi penguji, inilah enam tip menghadapi penguji saat sidang skripsi yang dapat kamu aplikasikan dengan mudah.

Persiapan yang matang

Persiapkan dengan baik semua keperluan untuk sidang skripsi jauh hari sebelum ada jadwa ujian. Keperluan itu antara lain slide power point, lampiran yang dibutuhkan, bukti otentik, laporan yang mendukung penelitian, dan lain-lain. Persiapan yang matang sudah dianggap setengah berhasil.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*