30 Oktober, Ternyata Hari Keuangan Nasional dan Hari Lahirnya Mata Uang Indonesia, Begini Sejarahnya

Uang Rupiah
Uang Rupiah. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 30 Oktober, kita memperingati Hari Keuangan Nasional. Tanggal ini juga menjadi momentum penting ketika untuk pertama kalinya Indonesia menerbitkan mata uang sendiri pada 1946.

Tepat 75 tahun silam, 30 Oktober 1946, uang kertas Oeang Republik Indonesia (ORI) diedarkan pertama kali di negara ini. Sejak itulah, ORI menjadi alat pembayaran yang sah dalam setiap transaksi.

BACA JUGA:

Hal ini juga menandai bahwa Indonesia sudah terlepas dari bayang-bayang penjajah, lantaran sebelumnya masih memakai mata uang mereka.

Usai proklamasi kemerdekaan, kondisi ekonomi Indonesia masih kocar-kacir. Inflasi sangat tinggi. Inflasi kian parah ketika sekutu datang dan memberlakukan uang Netherlands Indies Civil Administration (NICA) sebagai alat pembayaran yang sah.

Pemerintah Indonesia memprotes kehadiran uang NICA, karena semakin mengacaukan perekonomian Indonesia. Pada 2 Oktober 1945, pemerintah akhirnya mengeluarkan maklumat yang menyatakan bahwa uang NICA tidak berlaku di Indonesia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*