WINNER 2021 Pererat Hubungan Indonesia-Belanda Mencapai Tujuan Pembangungan Berkelanjutan (SDGs)

Sharing for Empowerment

Teknologi dan Sosial

Dr. Laksana Tri Handoko selaku Ketua Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia, BRIN menjelaskan bahwa mandat eksplisit lembaganya adalah untuk lebih menggunakan kapasitas teknologi untuk mencapai SDGs, sehingga penelitian lebih mengarah pada inovasi konkret.

Sementara itu menurut Profesor Inge Hutter (Rektor International Institute of Social Studies, University of Rotterdam), inovasi bisa bersifat teknis, tetapi juga sosial.

“Kerja sama interdisipliner adalah tantangan besar. Oleh karena itu penting bahwa prioritas penelitian disepakati dalam penciptaan bersama.”

Profesor Nizam (Dirjen Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia) sependapat dengan mengatakan bahwa inovasi bukan hanya tentang ‘hard sciences. “Dasar untuk pembangunan berkelanjutan adalah pendidikan: kita perlu memperkuat pendidikan untuk mencapai SDG’s.”

Terumbu Karang dan Desain Industri

Pembicara utama Dr. Lisa Becking (Associate Professor Tropical Marine Biodiversity at Wageningen University & Research and Naturalis Biodversity Center), membawa inovasi ini ke dalam praktik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*