Apa sih Beda Hard Skill dan Soft Skill? Milenial Wajib Tahu

Soft Skill yang Harus Dilatih
Ilustrasi: Soft Skill yang Harus Dilatih
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum memasuki dunia kerja. Selain ijazah dan nilai, kini diperlukan juga hard skill dan soft kill. Apa sih beda dari kedua hal tersebut?

Setiap orang pasti mempunyai keahlian yang paling menonjol yang didapat dari bangku pendidikan atau pelatihan yang dinamakan hard skill. Sedangkan soft skill bisa terbentuk karena watak, kepribadian atau pengembangan karakter lebih baik.

BACA JUGA:

Agar dapat menyeimbangkan potensi diri, sebaiknya kamu mengetahui perbedaan antara hard skill dan soft skill. Simak, yuk!

Pengertian dan asal

Hard skill adalah kemampuan yang didapat dari program pendidikan, pelatihan atau pengulangan terus menerus sehingga punya keahlian tertenu. Sedangkan soft skill merupakan kemampuan yang berkembang dari besaran kecerdasan emosional.

Pembuktian

Hard skill dapat dibuktikan melalui praktik atau kinerja langsung, maka soft skill dapat dibuktikan dari pihak pewawancara atau tim di perusahaan. Misalnya bila kamu memiliki keahliah di bidang akuntansi, berarti kamu mempunyai hard skill dalam bidang pencatatan keuangan. Namun, bisa saja kurang memiiki soft skill komunikasi dan lain-lain.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*