Ketika Santri Jadi Menteri Agama, Minta Jam Pelajaran Agama Ditambah

Afi Ahmad Ridlo saat menjadi "Menteri Agama Sehari". (KalderaNews.com/Dok.Kemenag)
Afi Ahmad Ridlo saat menjadi "Menteri Agama Sehari". (KalderaNews.com/Dok.Kemenag)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNewscom –Santri asal Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, bernama Afi Ahmad Ridlo didaulat menjadi Menteri Agama selama sehari. Ia pun langsung memimpin Rapat Pimpinan Kemenag, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Saat ini, katanya, Indonesia dihadapkan dengan berbagai permasalahan lemahnya moralitas generasi muda. Di saat fenomena kerusakan moral yang terjadi, pendidikan agama selalu menjadi sorotan.

BACA JUGA:

Ironisnya, bila menilik kurikulum pendidikan di sekolah umum, pelajaran agama hanya diberikan dua jam pelajaran dalam seminggu. Karenanya, Kementerian Agama perlu memikirkan solusi perbaikan pendidikan agama. Salah satunya dengan menambah jam mata pelajaran agama. 

“Hal semacam ini kan semestinya menjadi perhatian kita bersama. Bagaimana bisa melakukan perbaikan jika pendidikan agama hanya diberikan dua jam dalam seminggu,” tegas Afi di hadapan pejabat eselon I Kemenag.

“Kita harus segera bergerak untuk melakukan perbaikan. Secara kuantitatif, kita perlu melakukan penambahan jam mata pelajaran agama di sekolah,” tambahnya.

Siswa kelas 12 Madrasah Aliyah Nurul Jadid ini nampak bersemangat memaparkan gagasannya. Ia memang didaulat memimpin rapat pimpinan Kemenag setelah Menag Yaqut Cholil Qoumas “menyerahkan” jabatan kepadanya. 

Afi adalah pemenang Sayembara Sehari Menjadi Menteri yang digelar Kemenag dalam rangka Hari Santri Nasional 2021.

“Pendidikan dari seluruh agama seharusnya bisa memberikan transfer of value bagi peserta didik. Artinya, yang bisa kita lakukan adalah pendekatan kualitatif,” tutur Afi yang mahir bercakap dalam bahasa Inggris dan Arab ini.

“Kita harus berikan pelatihan bagi guru-guru. Kita upgrade skillnya. Karena salah satu kunci perbaikan pendidikan adalah kualitas tenaga pengajar,” tegasnya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*