15 Oktober, Hari Cuci Tangan Sedunia (Global Handwashing Day), Begini Tema dan Sejarahnya

Ilustrasi: Hari Cuci Tangan Sedunia (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Hari Cuci Tangan Sedunia (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap tanggal 15 Oktober, dunia memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day. Peringatan ini merupakan bentuk advokasi global untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mencuci tangan.

Tema Hari Cuci Tangan Sedunia 2021 adalah “Our Future is at Hand-Let’s Move Forward Together”.

BACA JUGA:

Aktivitas cuci tangan merupakan salah satu cara paling efektif untuk menghentikan penyebaran kuman dan menjaga tubuh tetap sehat. Menurut penelitian, menjaga kebersihan tangan dapat mencegah 1 dari 3 penyakit diare dan 1 dari 5 infeksi saluran pernapasan, seperti pilek atau flu. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir menjadi langkah terbaik untuk menghindari sakit dan menyebarkan kuman ke orang lain.

Sejak pandemi Covid-19 merebak secara global, kampanye mencuci tangan terus digaungkan dan menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan di berbagai aktivitas masyarakat.

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia dimulai oleh Global Handwashing Partnership pada tahun 2008. Hari Cuci Tangan Sedunia pertama kali dirayakan pada 15 Oktober 2008 di Stockholm, Swedia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*