7 Panduan Seminar Proposal Anti Grogi untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Sharing for Empowerment

Latihan! Latihan! Latihan!

Langkah berikutnya dalam mempersiapkan seminar proposal adalah berlatih. Latihan akan membuatmu mahir dalam menyampaikan materi dan dapat memperkirakan waktu yang diperlukan untuk presentasi.

Refreshing

Dalam mempersiapkan seminar proposal, hal yang tidak kalah penting adalah mengambil waktu untu istirahat. Waktu jeda ini berfungsi untuk menyegarkan otak dengan refreshing. Cara ini dapat dipilih untuk memulishkan energi agar saat hari H tidak penat dan lelah.  

Siapkan mental dan fisik

Setelah menyiapkan materi presentasi, hal lain yang harus dipersiapkan adalah menjaga kesehatan mental dan fisik. Dua hal ini tidak boleh tertinggal untuk dipersiapkan. Makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup adalah cara yang tepat menghadapi seminar proposal dengan kondisi yang fit dan bugar.

Berdoa

Bila keenam tip di atas telah kamu lakukan, langkah ke-7 adalah berdoa. Mintalah doa pada orang tua juga agar seminar proposal berjalan dengan lancar dan mudah.

Tujuh panduan mudah dapat kamu persiapkan dari jauh hari agar tidak panik saat menjelang seminar proposal. Good luck ya, dan semoga lekas wisuda!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*