7 Panduan Seminar Proposal Anti Grogi untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Pusing Tugas Akhir dan Skripsi
Pusing Tugas Akhir dan Skripsi (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Masa penghujung kuliah selain masa yang mendebarkan juga penuh dengan stress. Masa ini kadang terasa sangat panjang dan melelakan. Meskiipun demikian, prosesnya harus terus dijalani. Salah satu proses yang harus diikuti agar lekas wisuda adalah seminar proposal.

Seminar proposal merupakan salah satu langkah untuk menyelesaikan skripsi. Seminar proposal merupakan ijian pertama setelah mahasiswa menulis bab 1 hingga bab 3 skripsi. Saat seminar proposal, mahasiswa harus mempresentasikan rancangan penelitiannya. Sebelum ujian komprehensif, mahasiswa harus lulus dulu dalam ujian seminar proposal ini.

BACA JUGA:

Seminar proposal kadang dianggap sebagai momok yang menakutkan. Hal ini terjadi bila kita belum memahami panduan seminar proposal yang baik agar tidak mengalami grogi berlebih. Inilah 7 panduan seminar proposal agar lancar dan tidak grogi.

Pahami materi

Memahami materi yang akan disampaikan adalah syarat mutlak yang harus dikuasai. Catat poin penting materi yang akan presentasikan dan pelajari dengan baik. Tambahkan data pendukung yang membuat materimu lebih menarik dan penting.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*