Kenali Nama Sungaimu! Cintai Lingkunganmu

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

Prof. Ir. Frederik Joseph Putuhena, M.Sc.,Ph.D., seorang guru besar yang mengajar Pengembangan Sumber Daya Air di menyatakan: “Sungai dapat dipelajari dari hulu ke hilir. Perlakuan di hulu nanti dapat dilihat di hilir apa yang terjadi. Ini penting untuk kehidupan warga”.

Ketika bicara tentang air, perlu prinsip partisipatori dalam mengelola SDA. Tokoh sentral dalam pengembangan pengelolaan air ini adalah kaum perempuan. Dengan demikian, peluang bagi perempuan untuk berpendidikan tinggi, terlibat dalam pengambil keputusan terkait SDA sangatlah penting.

Perempuan dipandang sukses melakukan pendekatan partisipatori. Bila negara dan organisasi masyarakat mendukung maka gerak langkah perempuan dalam penentuan pengelolaan SDA sebenarnya akan menyelamatkan SDA bagi dunia. Pendekatan yang paling bagus dengan mendekati wilayah sungai. Demikian penjelasan Prof. Putuhena mengenai peran perempuan dalam pengelolaan SDA wilayah sungai.

Mengenai peran perguruan tinggi, Prof. Putuhena yakin capacity building dan knowledge mastery untuk mengelola SDA wilayah sungai adalah peran penting universitas. Dengan demikian, mengusung dan menghidupi keunggulan kajian urban, UPJ yang memiliki prodi Teknik Sipil merupakan salah satu peluang bagi kaum muda mendalami perencanaan SDA wilayah sungai.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*