4 Tip Belajar Geografi dengan Mudah dan Happy untuk Siswa SMA

Siswa SMA (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Geografi merupakan salah satu pelajaran yang cakupannya luas. Tidak hanya itu, pelajaran geografi juga mengingatkan kita bahwa di dalam pelajaran ini banyak hal yang harus diingat. Oleh karenanya belajar geografi kadang terasa berat dan sulit.

Karena dianggap berat dan sulit, tidak heran bila pelajar menganggap belajar geografi merupakan salah satu hal yang membosankan. Padahal, belajar geografi merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak dalam mengenal dunia.

BACA JUGA:

Terlebih bila setelah lulus SMA ini kamu mempunyai keinginan untuk melanjutkan kuliah di negeri orang, maka belajar geografi dengan happy merupakan salah satu kunci. Inilah empat cara belajar geografi dengan mudah dan happy yang dapat dilakukan selama duduk di bangku SMA.

Hilangkan kesan bahwa pelajaran geografi adalah pelajaran hafalan

Cara pertama yang harud dilakukan terlebih dahulu adalah menghilangkan naggapan bahwa geogradi merupakan pelajaran menghafal atau materinya merupakan materi hafalan. Big no ya, Guys! Karena sebenarnya anggap ini bisa membuat setiap pelajar tertekan dan menjadi makin enggan mempelajari  pelajaran yang dulu sempat dinamai ilmu bumi ini. melihat materinya yang banyak saja sudah segan apalagi mempelajarinya.

Bila anggapan tersebut telah berhasil dihilangkan, ganti dengan anggapan lain yang menyatakan bahwa sebenarnya geografi merupakan pelajaran yang perlu dipahami bukan dihafalkan. Bila telh mempunya dua anggapan ini, maka ke depan kamu akan makin lebih mudah belajar geografi dan dapat membuatmu belajar lebih semangat.

Gunakan berbagai referensi

Cara kedua belajar geografi adalah mulai menanamkan rasa cinta pada pelajaran ini. Dengan adanya perasaan cinta pada pelajaran satuu ini, secara otomatis kamu juga akan lebih semangat dalam mempelajarinya.

Cara menumbuhkan cinta pada pelajaran satu ini adalah dengan mengetahui manfaat apa saja yang bisa diperoleh dengan belajar geografi. Dengan begini, rasa penasaran kamu terhadap materi tersebut juga bisa menjadi lebih tinggi sehingga kamu jadi terpancing untuk mempelajarinya lebih dalam lagi.

Hubungkan dengan fenomena yang terjadi di sekitar

Geografi merupakan salah satu pelajaran yang sangat mudah diterapkan dalam kehidupaan sehari-hari. Hal ini karena geografi pada dasarnya adalah alam yang ada di sekitar, baik yang sifatnya fisik maupun sosial.

Dengan mengetahui sebuah fenomena yang ada, cobalah mengaitkannya dengan materi geografi yang pernah dipelajari. Contohnya saat ada tayangan televisi mengenai gempa bumi di suatu daerah. Jika gempa tersebut tergolong sebagai gempa tektonik, coba telusuri hal apa yang dapat mengakibatkan gempa tersebut dapat terjadi.

Dengan mengaitkan secara langsung materi pelajaran dengan fenomena yang ada, kamu akan lebih mudah paham dan ingat dengan materi geografi tertentu.

Ubah cara belajar geografi

Bila belajar sendiri mata pelajaran ini masih terasa sulit, kamu dapat mencari teman satu kelompok dan belajar bersama dengan cara diskusi. Cara ini akan membuatmu makin mudah memahami materi yang terasa sulit.

Empat cara belajar geografi tersebut di atas sangat mudah diterapkan dalam keseharian kita. Yuk, makin semangat belajar geografi ya, Guys!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*