Inilah Daftar Lengkap Pemenang Hadiah Nobel Kimia dari Masa ke Masa Hingga 2021

Sharing for Empowerment

Pada 2021 ini Nobel Kimia dianugerahkan kepada ilmuwan Jerman Benjamin List dari Max Planck Institute dan ilmuwan kelahiran Skotlandia David W.C. MacMillan dari Universitas Princeton karena berhasil mengembangkan cara baru membangun molekul yang dikenal sebagai “organocatalysis asimetris” (Selengkapnya: Benjamin List dan David W.C. MacMillan Sabet Hadiah Nobel Kimia 2021)

Lalu siapa saja penerima Nobel Kimia dari masa-masa? Berikut ini daftar lengkapnya:

2021

Hadiah Nobel Kimia dianugerahkan kepada ilmuwan Jerman Benjamin List dari Max Planck Institute dan ilmuwan kelahiran Skotlandia David W.C. MacMillan dari Universitas Princeton. karena berhasil mengembangkan cara baru membangun molekul yang dikenal sebagai “organocatalysis asimetris”.

2020

Emmanuelle Charpentier (Prancis) dan Jennifer Doudna (AS), untuk mengembangkan teknik penyuntingan gen yang dikenal sebagai “gunting” pemotongan DNA CRISPR-Cas9.

2019

John Goodenough (AS), Stanley Whittingham (Inggris) dan Akira Yoshino (Jepang) untuk pengembangan baterai lithium-ion, membuka jalan bagi smartphone dan masyarakat bebas bahan bakar fosil.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*