David Julius dan Ardem Patapoutian Gondol Hadiah Nobel Kedokteran 2021

Sharing for Empowerment

Bahan kimia yang mengiritasi dan memunculkan sensasi kayak terbakar ditelitinya sehingga sampai pada identifikasi sensor di ujung saraf kulit yang merespons panas.

Ia pun menemukan TRPV1, sebuah saluran ion yang diaktifkan oleh panas yang menyakitkan. Saluran ion merupakan protein yang memungkinkan ion seperti natrium, kalium, dan kalsium dapat melewati membran sel. Keberadaan kanal ion ini sangat penting untuk sistem saraf, kontraksi jantung dan otot rangka, dan fungsi fisiologis lainnya.

Temuan Ardem Patapoutian

Ardem Patapoutian dan timnya menemukan kelas sensor baru yang dapat merespons rangsangan mekanis di kulit dan organ dalam. Mereka satu per satu mematikan dan menghidupkan 72 gen individu di dalam sebuah sel, untuk kemudian mencolek sel itu dengan pipet kecil (mikropipet) guna mengamati bagaimana gen di dalam sel tersebut bereaksi.

Mereka akhirnya menemukan sebuah gen yang mampu menahan rasa sakit, karena ketika mereka “membungkam” gen itu, sel itu “tidak sensitif”, termasuk ketika para peneliti mencoleknya. Mereka juga berhasil menemukan gen serupa yang kedua. Kedua gen itupun diberi nama Piezo1 dan Piezo2.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*