Ini Manfaat 6 Tahun Punya Satelit Karya Anak Bangsa Lapan-A2/Lapan-Orari

Satelit Lapan A2
Satelit Lapan A2 Orari (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – 6 tahun lalu 28 September 2015 satelit pertama yang 100% diproduksi oleh putra bangsa di Indonesia Lapan-A2/Lapan-Orari dengan misi utama menjadi satelit komunikasi dan untuk monitoring bumi diluncurkan.

Lapan-A1/Lapan-Orari ini merupakan suksesor Lapan-Tubsat yang dibuat di Jerman. Untuk satelit Lapan-A2 ini sendiri sepenuhnya dibuat di Indonesia, namun tetap menggunakan konsultan dari Jerman.

Dengan berat 74 KG, satelit Lapan A2/Lapan-Orari dilengkapi dengan Digital Space Camera, Color Video Camera, Automatic Identification System (AIS) Receiver, Voice Repeater (VR), dan Automatic Packet Reporting System (APRS).

BACA JUGA:

Teknologi Automatic Identification System (AIS) dapat melakukan identifikasi terhadap kapal yang akan melintasi wilayah jangkauan Lapan A2. Selain itu untuk misi pengamatan Bumi menggunakan kamera digital observasi bumi dengan kamera 4 band multispectral scanning. Kamera itu beresolusi 18 m dengan cakupan 120 km dan kamera resolusi 6 m dengan cakupan 12 km x 12 km.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*