7 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Mau Masuk OSIS Agar Prestasi Tetap Moncer

Siswa SMA (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan oragnisasi di dalam sekolah yang selalu melekat saat kita belajar di bangku SMP ataupun SMA. Lambang OSIS juga menempel di saku baju sekolah kita, sehingga hal tersebut senantiasa menjadi pengingat.

OSIS dipimpin dan memiliki anggota para siswa-siswa sekolah yang terpilih dari beberapa tahapan seleksi dan menjalani tes seperti wawancara untuk mengetahui potensi diri yang dimiliki dan seberapa besar alasan siswa mengapa dianggap perlu untuk bergabung di OSIS.

BACA JUGA:

Bila kamu berminat untuk bergabung menjadi pengurus OSIS, maka kamu tidak boleh sembarangan memberikan alasan saat wawancara. Alasan yang tepat dan membangun serta cukup berbobot dan dapat menjadi pertimbangan untuk lolos dan bergabung di dalam OSIS.

Inilah 7 hal penting yang harus menjadi pertimbangan saat mau masuk OSIS, yuk simak

Cara belajar berorganisasi

Bila kamu sebelumnya belum pernah bergabung dan mencoba masuk ke dalam organisasi, OSIS menjadi pilihan yang tepat untukmu belajar berorganisasi di masa sekolah. Dalam organisasi kamu akan dilibatkan dengan beberapa tim dan beradapatasi dengan berbagai karakter teman-temanku. Oleh sebab itu, OSIS merupakan bentuk organisasi sebenarnya mulai dari strukutur, bagian-bagian, dan pembagian tugas kerja.

Memperkaya pengalaman

Bergabung di dalam OSIS dapat menambah pengalaman berorganisasi dan melakukan berbagai pengalaman berorganisasi dan melakukan berbagai pekerjaan atau tugas secara tim dengan menerapkan manajemen waktu sebaik-baiknya. Pengalaman beroganisasi pun dapat dicantumkan dalam curriculum vitae  kelak.

Melatih kedispilinan diri

Hal penting ketiga yang dapat diperoleh dengan bergabung OSIS adalah melatih kedisiplinan diri. Dalam OSIS memiliki beberapa divisi dan program kerja yang harus dilaksanakan tepat waktu. Biasanya setiap minggu kamu akan membutuhkan rapat dan koordinasi, hal ini akan mengujimu dalam pengaturan waktu.

Meningkatkan kepercayaan diri dan kebenaran

Bergabung dengan OSIS dapat membuatmu meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian. Bila sebelumnya kamu merasa kurang percaya diri atau kurang berani, maka bergabung dengan OSIS merupakan cara yang paling tepat, karena secara tidak langsung, kepercayaan dirimu dan keberanian akan terbentukk dengan sendirinya karena memiliki rasa tanggung yang harus dilaksanakan.

Melatih tanggung jawab

Saat bergabung dengan OSIS dengan sesuai dengan divisi yang dipilih, kamu akan mendapat tanggung jawab program kerja satu tahun yang harus dilaksanakan. Kamu juga akan merasa memiliki tanggung jawab yang harus diemban dan dilaksanakan secara baik. Cara ini akan melatih rasa tanggung jawab dan berusaha unutuk menyikapi banyak hal secara baik.

Melatih komunikasi secara baik

Bergabung dengan OSIS akan membantumu memiliki keterampilan berkomunikasi yang lebih baik. Komunikasi merupakan soft skill yang sangat dibutuhkan di dalam kehidupan di luar sekolah. Dengan menjadi pengurus OSIS, kamu akan berhadapan dengan berbagai karakter orang sehingga mau tidak mau kamu harus berani dan melatih keberanian berkomunikasi dan berbicara dengan orang lain secara baik.

Melatih kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan hal yang juga harus dilatih. Hal ini sangat berguna bagi kamu nantinya terlebih lagi saat akan memasuki bangku kuliah atau pekerjaan. Dalam organisasi, kamu dapat memperlajari kepemimpinan dan berbagai aspek mengenai keterampilan ilmu leadership.

Itulah tujuh hal penting yang harus diketahui saat akan memutuskan untuk bergabung dengan OSIS di sekolah. Yang terpenting adalah saat memutuskan bergabung dengan pengurus OSIS, kamu tidak boleh tertinggal dalam hal akademik dan tetap berprestasi dengan baik dan membanggakan orangtua, ya.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*