Inilah Bermacam Jenis Beasiswa Kuliah yang Harus Diketahui Pelajar dan Mahasiswa

Ilustrasi Beasiswa (KalderaNews.com/Ist)
Ilustrasi Beasiswa (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Beasiswa merupakan sebuah kesempatan menempuh pendidikan yang dapat meringankan beban biaya kuliah. Bahkan saat ini, program beasiswa tidak hanya sekadar meringankan biaya kuliah saja, melainkan dapat juga memberikan kesempatan magang atau bekerja di pihak penyedia beasiswa.

Sebelum mendaftar beasiswa, sebaiknya pelajar dan mahasiswa memahami terlebih dahulu beberapa jenis beasiswa yang dapat dimanfaatkaan.

BACA JUGA:

Inilah beberapa jenis beasiswa kuliah yang yang harus diketahui pelajar dan mahasiswa.

Beasiswa berdasarkan bentuk pembiayaan

  • Beasiswa penghargaan: beasiswa jenis ini hanya diberikan kepada seseorang yang memiliki prestasi atau pencapaian akademik yang bagus. Indikator beasiswa ini dapat berupa Indeks Prestasi Kulumatif (IPK) untuk mahasiswa atau rata-rata nilai akademik bagi pelajar. Biasanya keaktifan dalam kegiatan non-akademik lainnya juga akan menjadi pertimbangan untuk bisa mendapatkan jenis beasiswa penghargaan.
  • Beasiswa bantuan: jenis beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa atau pelajar yang dinilai kurang mampu secara ekonomi, tetapi memiliki prestasi bagus. Sehingga dianggap layak untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.
  • Beasiswa penelitan: jenis beasiswa yang ini menawarkan pendanaan bagi penerima yang akan melaukan penelitian sesuai dengan bidang studinya. Sumber beasiswa ini dapat berasal dari universitas, perusahaan, atau lembaga pemerintahan yang memiliki proyek penelitian dan membutuhkan tenaga akademis.
  • Beasiswa non-akademik: prestasi di bidang non-akademik juga bisa menjadi peluang mendapatkan beasiswa. Misalnya beasiswa di bidang olahraga dan kesenian.
  • Beasiswa ikatan dinas: penerima beasiswa jenis ini biasanya terikat pada pihak penyedia atau bersifta ikatan dinas pada pihak sponsor (pemberi beasiswa).

Beasiswa berdasarkan cakupan pembiayaan

  • Beasiswa penuh (full scholarship): jenis beasiswa ini tidak hanya memberikan biaya pendidikan, tetapi juga menyediakan dana untuk kebutuhan pendukung bagi penerimanya seperti biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi, akomodasi, hingga sarana dan prasarana pendukung pembelajaran.
  • Beasiswa sebagain (partial scholarship): jenis beasiswa ini hanya menanggung biaya tertentu saja atau sebagain dari biaya total yang dibutuhkan saat menjalani perkuliahan masa studi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Beasiswa jenis ini bisanya hanya menanggung sebagian atau parsial, bisa dalam bentuk biaya kuliah atau akomodasi saja.

Beasiswa berdasarkan pihak penyedia

  • Beasiswa dari pemerintah: jenis beasiswa ini ditawarkan oleh pihak pemerintah misalnya dari kementerian atau lembaga lainnya. Berbagai departemen dan lembaga pemerintahan menyediakan berbagai beasiswa yang tidak hanya dapat diikuti oleh karyawannya saja, tetapi juga terbuka untuk umum.
  • Beasiswa dari pihak swasta: beasiswa ini biasanya ditawarkan institusi perusahaan-perusahaan besar atau korporat. Mayoritas beasiswa yang ditawarkan pun berupa perwujudan dari bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan bagi masyarakat.
  • Beassiwa dari negara maju atau donor: beasiswa jenis ini merupakan kerjasama eksklusif dari negara maju dengan negara berkembang dalam bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial. Beasiswa ini juga memberikan fasilitas kepada pelajar untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik, beasiswa ini juga bertujuan untuk memperbanyak pusat-pusat penelitian di negara berkembang.
  • Beasiswa dari komunitas, organisasi, atau yayasan: jenis beasiswa ini biasanya ditawarkan oleh komunitas, organisasi atau yayasan yang berlatar belakang sosial, akademik, atau juga keagamaan. Pihak penyedia biasanya peduli terhadap pendidikan dan ingin memberikan bantuan.
  • Beasiswa perguruan tinggi: ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh perguruan tinggi yang biasanya dalam bentuk bantuan dana akademik.

Itulah beberapa jenis beasiswa yang harus diketahui pelajar dan mahasiswa sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk dapat memperoleh informasi terkini tentang beasiswa, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah terus mengakses laman beasiswa pada www.kalderanews.com.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*