Dies Natalis UK Maranatha, Ada Kado Istimewa untuk Lulusan SMA Lho!

Dies Natalis UK Maranatha. (KalderaNews.com/Dok.UK Maranatha)
Dies Natalis UK Maranatha. (KalderaNews.com/Dok.UK Maranatha)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Universitas Kristen Maranatha memperingati hari ulang tahunnya yang ke-56 pada 11 September 2021. Momentum yang dipenuhi rasa syukur ini memberikan semangat untuk makin kuat, dapat bangkit dari pandemi, dan terus maju memberikan yang terbaik.

UK Maranatha dalam dua tahun ini harus sangat cepat beradaptasi menghadapi situasi tersebut. Dari semua keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi, lahirlah inovasi-inovasi yang tidak saja hanya untuk bertahan di tengah pandemi, tetapi sebagai landasan untuk bangkit dan meraih prestasi.

BACA JUGA:

UK Maranatha yang selama ini sudah menerapkan sistem e-learning pun seakan dipaksa meningkatkan kapasitas dan mengakselerasi sistem e-learning yang selama ini digunakan, agar dapat memfasilitasi kebutuhan pembelajaran jarak jauh yang semakin masif.

Beberapa sistem informasi untuk mendukung hal tersebut adalah adanya Sistem Akademik Terpadu (SAT) Maranatha yang berguna sebagai pusat pengelolaan studi seorang mahasiswa selama berkuliah di kampus Maranatha; adanya platform e-learning UK Maranatha yang disebut “Morning” (Maranatha Online Learning) sebagai tulang punggung learning management system; dan “Parent Portal Maranatha”, yaitu fasilitas bagi orang tua mahasiswa untuk memantau perkembangan studi putra-putrinya.

Rektor UK Maranatha, Prof. Ir. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D., IPU mengatakan, “Ada berkat di tengah kesulitan. Di tengah pandemi ini, ada juga dampak positif yang dihasilkan. Misal lebih leluasanya pembelajaran karena tidak terikat oleh tempat sehingga dapat dilakukan di mana saja. Dengan kesiapan sarana dan sistem pembelajaran yang saat ini sepenuhnya online, ternyata hal ini membuka kesempatan mahasiswa dari tempat yang jauh, bahkan luar pulau untuk dapat belajar tanpa terhalang jarak,” ungkapnya.

Keberhasilan UK Maranatha dalam beradaptasi dan mengembangkan sistem pembelajaran online mendapatkan apresiasi dari Kemendikbudristek. UK Maranatha berhasil memperoleh hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM).

UK Maranatha saat ini juga telah mengembangkan sistem pembelajaran “hybrid learning yang fleksibel” (hybrid & flexible learning). Sistem ini mendukung keleluasaan mahasiswa untuk memilih mengikuti perkuliahan secara onsite atau online, dengan kualitas pembelajaran yang sama.

Prof. Sri mengatakan, dengan diterapkannya hybrid learning dan blended learning, UK Maranatha telah siap mengimplementasikan perkuliahan modern, baik secara tatap muka maupun PJJ. Hal ini juga sangat mendukung penerapan program Kampus Merdeka.

Bentuk inovasi lain yang dilakukan UK Maranatha adalah dibukanya Fakultas Bisnis. “Tahun ini Fakultas Ekonomi berubah menjadi Fakultas Bisnis,” ungkap Robby Yussac Tallar, M.T., Dipl.IWRM., Ph.D., Sekretaris Umum Universitas Kristen Maranatha.

Untuk merayakannya, Maranatha memberikan “kado istimewa” bagi para lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi di Fakultas Bisnis Maranatha.

“Adik-adik yang berminat terjun ke dunia bisnis dan ingin melanjutkan kuliah di Maranatha, pada bulan September ini ada kado istimewa berupa saldo rekening saham sejumlah 5,6 juta rupiah,” ungkap Robby.

“Saldo rekening saham ini sekaligus dapat dipakai untuk belajar berinvestasi melalui Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GI-BEI) Maranatha, yang sudah lima tahun berturut-turut memegang prestasi juara pada kategori transaksi teraktif nasional,” imbuh Robby.

Dies Natalis Universitas Kristen Maranatha tahun ini mengusung tema “Maranatha Maju”. Peringatan dan sidang terbuka senat universitas akan digelar daring pada 15 September 2021.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*