Tip Sukses Hadapi PTS yang Harus Diketahui Pelajar dan Mahasiswa Baru

Ilustrasi: Ujian Nasional (Ist.)
Ilustrasi: Ujian Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tahun ajaran baru bagi pelajar telah dimulai. Demikian juga tahun akademik bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Sebagian akan menempuh Penilaian Tengah Semester (PTS) dalam pekan-pekan ini.

PTS merupaan cara evaluasi tujuan pembelajaran yang diselenggarakan pada tengah semester. Meskipun PTS merupakan cara evaluasi tujuan pembelajaran, tidak sedikit yang menganggap bahwa PTS ini cukup jadi momok bagi pelajar dan mahasiswa.

BACA JUGA:

Untuk menghadapi PTS, pelajar dan mahasiswa harus tahu tip dan trik mudah berikut:

Harus tetap fit

Kondisi tubuh yang tidak sehat dapat mempengaruhi konsentrasi belajar. Untuk itu, menjaga kesehatan agar tetap fit merupakan bekal utama dalam menghadapi PTS. Istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang begizi seimbang dengan teratur adalah kunci utama. Selain itu, minum yang cukup dan berolahraga merupakan cara yang tepat untuk menjaga badan tetap fit.

Siapkan semua perlengkapan

Pelaksanaan PTS biasanya diatur oleh pihak sekolah atau perguruan tinggi masing-masing. Ada yang diselenggarakan secara online dan ada pula yang telah diselenggarakan secara offline. Bila kamu mendapatkan PTS secara luring, maka siapkan semua alat tulis yang dibutuhkan, seperti kartu peserta ujan serta papan kertas. Simpan dan siapkan semua perlengkapan tersebut setidaknya satu hari menjelang pelaksanaan ujian.

Jangan terlambat

Hadir tepat waktu adalah kunci sukses menghadapi PTS selanjutnya. Selain memasang alarm untuk bangun, ada baiknya kamu juga berpesan pada anggota keluarga untuk membangunkanmu di hari ujian. Bila ujian diselenggarakan secara luring, pastikan kamu telah mengetahui lokasi ruangan yag akan digunakan. Perhitungkan juga jarak tempuh dari tempat tinggal menuju lokasi ujian.

Cara jitu menjawab soal

Keberhasilan berikutnya adalah strategi dalam mengerjakan soal ujian. Strategi menjawab soal ujian ini diperlukan agar dapat memanfaatan waktu dalam mengerjakan ujian sebaik-baiknya. Bila telah mendapatkan soal, analisislah pertanyaan yang ada dan kerjakan soal yang terasa mudah terlebih dahulu. Cara ini membuatmu tidak perlu menghabiskan banyak waktu pada soal yang sulit.

Jangan panik

Panik dan gugup saat akan menghadapi ujian adalah hal yang wajar. Untuk mengatasinya adalah sejak jauh hari siapkan dirimu untuk mengerjakan soal ujian ini. Cara yang dapat dilakukan adalah berlatih soal. Banyak cara yang dapat ditempuh, misalnya dengan mengerjakan LKS atau mencari soal latihan melalui platform digital. Dengan terbiasa mengerjakan soal-soal ujian, secara psikologis kondisi hari akan lebih tenang dan terbiasa.

Coba ikuti 5 tip mudah di atas agar kamu makin siap menghadapi PTS kali ini. Semoga sukses untuk ujianmu, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*