Target Vaksinasi Kabupaten Kudus 50 Persen, Padahal Idealnya Herd Immunity 70 Persen

Vaksinasi guru di Klinik Pratama Griya Kasih Indah Kelapa Gading Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa, 27 April 2021
Vaksinasi guru di Klinik Pratama Griya Kasih Indah Kelapa Gading Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa, 27 April 2021 (KalderaNews/Arli Cia)
Sharing for Empowerment

KUDUS, KalderaNews.com – Bupati Kudus HM Hartopo menegaskan untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) dalam melawan Covid-19, pihaknya menargetkan vaksinasi di Kabupaten Kudus pada angka 50 persen.

Padahal untuk mencapai yang namanya herd immunity itu, dibutuhkan 70% dari populasi telah divaksinasi. Setelah itu, baru dapat dinyatakan kondisi terkendali sebagaimana dikatakan Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Yarsi, Prof. Tjandra Yoga Aditama baru-baru ini.

Target Bupati Kudus HM Hartopo yang di angka 50% itu diungkapkan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Balai Desa Undaan Tengah dan Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu pada Sabtu, 18 September 2021.

BACA JUGA:

Bupati pun mengingatkan masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, walaupun telah divaksin. Menurutnya, orang yang sudah vaksin masih bisa terpapar Covid-19.

“Vaksin tidak mencegah seratus persen, tetap harus disiplin protokol kesehatan,” katanya.

Pada dasarnya herd immunity sebenarnya bisa muncul dengan cara membiarkan virus terus menyebar sehingga banyak orang terinfeksi dan apabila mereka sembuh, banyak orang akan kebal sehingga wabah akan hilang menemukan inang untuk membuatnya tetap hidup dan berkembang.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*