Bingung Transfer Uang dari dan ke Eropa? Kenali SWIFT Code, BIC dan IBAN, Apa itu IBAN?

Sharing for Empowerment

IBAN (International Bank Account Number)

So, catat baik-baik ya, Indonesia tidak mengenal IBAN. IBAN digunakan untuk bertransaksi dengan bank-bank di Eropa, mengingat daratannya sangat luas dan besar maka perlu digunakan kode khusus. IBAN ini diperlukan jika kita akan mengirim uang ke Eropa lewat bank-bank yang di Eropa. Tanpa kode ini, kita tidak memungkinkan untuk mengirimkan uang ke rekening di Eropa.

IBAN memiliki 22-30 rangkaian huruf dan angka, dimana masing masing negara diwakili 2 Kode Huruf negaranya, lalu diikuti dengan KODE KHUSUS, kemudian KODE KANTOR CABANG dan kemudian diikuti oleh nomor rekening penerima.

Sebagai contoh jika akan transfer ke Jerman ke Deutsche Bank Tiergarten (951051) di nomor rekening 12345678. Maka akan tertulis DE 836526 951051 12345678.

Mata uang Euro
Uang Euro (KalderaNews/Ist)

Selanjutnya jika akan menerima uang dari Eropa dan ditanya IBAN jangan bingung lagi karena bank-bank di Indonesia tidak mengenal IBAN. Ingat, untuk transaksi internasional, khususnya dari Eropa, tetap gunakan SWIFT CODE/BIC tadi. Ingat juga, SWIFT CODE dan BIC sama. So, lupakan IBAN dan kasih tahu kalu transfer dari Eropa ke bank di Indonesia nggak pakai IBAN, tetapi kode khusus itu SWIFT/BIC.




5 Comments

  1. Thank you info nyađź‘Ź
    Pantesan capek dari tadi cari di Google tentang IBAN itu gak dapat2. Adanya cuma SWIFT Code. Ternyata memang Bank di Indonesia tidak memakai sistem IBAN.

  2. Tolong info dong. Sudah ngerti Iban code gak ada di Indonesia, tapi ini dari Jerman gak bisa transfer tetep mintanya Iban. Sudah dicoba pake swift code tetep gak bisa.
    Gimana caranya yaaa….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*