Bingung Transfer Uang dari dan ke Eropa? Kenali SWIFT Code, BIC dan IBAN, Apa itu IBAN?

Mata uang Euro
Uang Euro (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi pebinis, WNI, pelajar, freelancer atau siapa pun yang ingin transfer uang dari dan ke Eropa dengan rekening bank tentu pernah disibukkan dan dibingungkan dengan istilah-istilah SWIFT Code, IBAN dan BIC. SWIFT Code dan BIC mungkin sudah biasa, tetapi kalau IBAN inilah yang kadang bikin bingung.

Googling hingga setengah mati tak menemukan artikel yang mengulas hal ini secara konprehensif, khususnya untuk IBAN ini. Banyak rekan bisnis atau kenalan di Eropa, entah Jerman, Inggris atau Belanda yang kerap menanyakan IBAN segala. Bingung lah kita dibuatnya karena sistem IBAN ini nggak dikenal di Indonesia.

Selain Nama Pemilik Rekening, Nama Bank, Cabang, dan Nomor Rekening yang harus ditulis lengkap, biar transaksi bisa dilakukan masih dibutuhkan SWIFT Code, IBAN dan BIC. Semua harus lengkap baru uang bisa ditansfer.

BACA JUGA:

Kali ini KalderaNews, khusus akan mengulasnya secara komprehensif cara kirim uang yang benar antar negara, khususnya dari Eropa ke Indonesia yang kerap bikin bingung:




5 Comments

  1. Thank you info nyađź‘Ź
    Pantesan capek dari tadi cari di Google tentang IBAN itu gak dapat2. Adanya cuma SWIFT Code. Ternyata memang Bank di Indonesia tidak memakai sistem IBAN.

  2. Tolong info dong. Sudah ngerti Iban code gak ada di Indonesia, tapi ini dari Jerman gak bisa transfer tetep mintanya Iban. Sudah dicoba pake swift code tetep gak bisa.
    Gimana caranya yaaa….

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*