4 Manfaat Dongeng dengan Karakter Hewan untuk Anak

Seorang ibu mendongeng untuk anak sebelum tidur
Seorang ibu mendongeng untuk anak sebelum tidur (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendidik Rumah Main Cikal, Wike Yuniati menegaskan dongeng dengan karakter hewan bisa mengembangkan kemampuan sosial dan emosi anak serta kepekaan anak terhadap lingkungannya

Dongeng dengan karakter hewan dengan sarana boneka tangan atau buku bacaan anak, tandasnya, menjadi stimulus pertumbuhan karakter positif. Dalam praktiknya, dongeng yang bagus bisa menyisipkan nilai kehidupan dengan intonasi atau nada yang mengikuti karakter hewan yang digunakan saat bercerita

BACA JUGA:

Ia pun berpandangan ada 4 manfaat yang bisa didapatkan anak dengan mendengar dongeng dengan karakter hewan. Keempat manfaat tersebut adalah:

1). Asah kesadaran diri dan manajemen diri sendiri

Dengan memahami nilai cerita, akan juga akan mulai memahami diri dan akan belajar mengendalikan diri. Semisal ketika sedih atau marah maka ia bisa belajar mencari solusi.

2). Asah kesadaran sosial dan emosional anak

Dongeng mengajarkan anak untuk memahami bahwa dalam hidup ini terdapat banyak pihak yang berkaitan satu sama lain dengan lingkungan sekitar.

3). Bangun kedekatan dengan orang tua

Dongeng menjadi sarana efektif untuk membangun kedepatan anak dengan orangtua, terlebih karena anak pada dasarnya memang suka dongeng. Apalagi, dongeng dilakukan secara interaktif.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*