Simak Tip Jelang Ujian Calon Guru ASN PPPK dari Psikolog Ini

Pelajaran SD Bruder di Singkawang, Kalimantan Barat
Kegiatan Belajar Mengajar di SD Bruder Singkawang, Kalimantan Barat (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak hampir 500.000 guru telah mengikuti seri belajar di guru belajar dan berbagi seri ASN P3K. Mereka melakukan persiapan untuk mengikuti seleksi calon guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Psikolog dari Lembaga Cahaya Hati, Nurina menyatakan secara psikologis persiapan dibutuhkan para peserta untuk mengatur afeksi atau perasaan. Hal inilah yang akan mendorong peserta untuk mempersiapkan diri secara lebih baik menjelang ujian.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari pandangan psikologi, manusia memiliki tiga komponen di dalam diri. Pertama, komponen kognitif atau komponen berfikir. Kedua, komponen afektif atau kemampuan mengelola perasaan. Ketiga, kemampuan konatif atau kecenderungan diri untuk berprilaku.

BACA JUGA:

Nurina menyebut, jika hal tersebut ditata dan dikelola dengan baik maka artinya kesuksesan sudah dalam genggaman individu yang bersangkutan.

“Persiapan secara kognitif, yang diandalkan pertama kali adalah kemampuan berpikir kita. Belajar yang diiringi dengan ketenangan batin, dan disertai dengan rasa optimis,” tegasnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*