Tip Memilih Sistem e-Learning yang Tepat Buat Pelajar

Sharing for Empowerment

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh (Farisi, 2012) menyatakan bahwa salah satu faktor terpenting tingginya tingkat keberterimaan PJJ/BJJ di dunia, termasuk Indonesia, adalah karena fleksibilitasnya yang tinggi dalam mengeliminasi berbagai keterbatasan yang selama ini dihadapi oleh pendidikan tatap muka untuk menyediakan akses pendidikan bagi semua orang, seperti usia, lokasi geografis, keterbatasan waktu, dan situasi ekonomi.

Namun, dalam prosesnya pembelajaran e-learning sering kali mengalami beberapa masalah yang mengganggu kenyamanan para pelajar. Oleh karena itu, penting sekali bagi pelajar untuk memilih sistem e-learning dengan tepat sehingga aman dan nyaman untuk digunakan. Berikut tip memilih sistem e-learning yang tepat sasaran antara lain:

  1. Pilih sistem e-learning yang memberikan kemudahan dalam akses pembelajaran, artinya Anda bisa memilih platform e-learning yang memang memberikan kemudahan dalam akses pembelajaran melalui gadget, laptop, atau PC. Contoh platform yang populer digunakan yaitu, zoom meeting, google meet, atau google clasroom.Sehingga nantinya akan meminimalisir terjadinya kerumitan dan kurang fokus para pelajar saat proses pembelajaran berlangsung.
  2. Pilih metode pembelajaran e-learning yang mudah dalam pengaturan. Pastikan memilih metode pembelajaran e-learning dengan platform yang mudah untuk diatur. Baik itu dari segi konten, siswa virtual maupun dokumen pembelajaran lainnya.
  3. Pembelajaran e-learning yang bersifat kompatibel. Maksud dari kompatibel ini adalah proses pembelajaran e-learning dapat diakses dengan berbagai format. Sebagai contoh seperti format PDF, video YouTube dan lain sebagainya.
  4. Pembelajaran e-learning yang menawarkan kemudahan dan harga yang terjangkau. Jika sistem e-learning menawarkan layanan berbayar, sebaiknya memilih harga yang benar-benar terjangkau dan memberikan kemudahan dalam mengakses materi pembelajaran yang diberikan. 

Jadi, dalam penggunaan e-learning seharusnya bisa menjadi alternatif terbaik untuk menjalankan proses belajar mengajar selama masa pandemik. Ditambah e-learning memiliki fitur-fitur yang dapat menggantikan proses belajar mengajar dalam kelas sehingga dapat memenuhi tujuan yang diharapkan dalam proses pembelajaran. Selain itu, e-learning memberi kemudahan akses bagi para pelajar untuk mencari materi-materi ajar dari berbagai sumber belajar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*