Sudah Semangat Balik ke Sekolah, Ternyata Harus Asesmen Dulu. Sabar, Ya

Sharing for Empowerment

“Jadi tidak serta merta ketika kita (Surabaya) turun ke level 3, kemudia kita langsung bisa membuak PTM dan langsung jalan. Karena di SKB 4 Menteri, diatur juga kesiapan-kesiapan seolah, kemudian apa yang harus dilengkapi dan segala macam itu harus dipenuhi,” papar Supomo pada Sabtu, 28 Agustus 2021.

Dalam SKB 4 Menteri terdapat beberapa hal yang harus dilakukan oleh sekolah atau lembaga yang ingin kembali menyelenggarakan pembelajaran di lingkungan sekolah. Beberapa di antaranya adalah menyediakan wastafel atau tempat mencuci tangan, hand sanitizer, hingga thermogun untuk mengecek suhu tubuh siswa dan guru, serta tenaga pendidik.

“Setelah kesiapan sekolah itu dipenuhi, kemudian sekolah harus mengisi data di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) . Selanjutnya akan dilakukan asesmen oleh Satgas Covid-19 Surabaya untuk melihat benar atau tidaknya yang pihak sekolah sampaikan,” imbuhnya.

Setelah dilakukan asesmen oleh pihak Satgas Covid-19, sekolah harus mengadakan simulasi meskipun telah dinyatakan lolos asesmen. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Sekolah Menengah (Sekmen) Dispendik Kota Surabaya, Tri Aji Nugroho, yang menambahkan bahwa setelah lolos asesmen dari Satgas Covid-19, sekolah perlu menggelar simulasi PTM. Dalam simulasi ini, seluruh pihak mulai tenaga pendidikan, tenaga non-pendidikan, dan siswa harus menaati protokol kesehatan dengan baik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*