Dosen UAD Ciptakan Sistem Deteksi Kerusakan Jalan

Aditya Rosyady peraih juara II Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi Kota Yogyakarta Tahun 2021. (KalderaNews.com/Foto.Ist)
Aditya Rosyady peraih juara II Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi Kota Yogyakarta Tahun 2021. (KalderaNews.com/Foto.Ist)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Dosen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Phisca Aditya Rosyady meraih juara II Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi Kota Yogyakarta Tahun 2021. Ia meraih prestasi ini berkat inovasinya menciptakan sistem deteksi dan analisator kerusakan jalan raya di Yogyakarta yang diberi nama Amarto.

Untuk melakukan deteksi kerusakan jalan, Amarto menjalankan sistemnya berbasis citra digital dan GPS. Sistem ini mampu mendeteksi jalan rusak berupa lubang jalan dan masalah kerusakan lain.

“Riset ini dikembangkan sejak tahun 2020 dan lolos skema penelitian tematik Bappeda Pemerintah Kota Yogyakarta. Kami juga bekerja sama dengan Dinas Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Kawasan Permukiman untuk uji kelayakannya. Saat ini masih dalam tahap finishing,” jelasnya.

BACA JUGA:

Aditya menjelaskan, kelebihan sistem ini akan membantu dinas bina marga untuk mendeteksi dan menganalisis kerusakan jalan secara otomatis. Analisis lubang jalan dengan sistem ini akan ditempelkan ke kendaraan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*