Endemi, Pandemi, Epidemi, dan Wabah: Inilah Beda Istilah Epidemiologinya

Sharing for Empowerment

Tidak semua penyakit menular dapat disebut sebagai wabah. Suatu penyakit dapat dikatakan wabah ketika penyakit tersebut memiliki kondisi antara lain: sudah lama tidak muncul dan menjangkiti masyarakat, datang penyakit baru yang sebelumnya tidak diketahui, dan penyait tersebut baru pertama kali menjangkiti masyarakat di daerah tersebut.

Endemi, pandemi, epidemi, dan wabah tersebut di atas merupakan topik yang dibahas di dalam epidemiologi. Epidemiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pola penyebaran penyakit atau kejadian yag berhubungan dengan kesehatan, beserta faktor-faktor yang dapat memengaruhi kejadian tersebut.

Penerapan ilmu epidemiologi dilakukan melalui pengamatan dan investigasi terhadap suatu kejadian yang berhubungan dengan kesehatan agar dapat dikendalikan, misalnya saat terjadi wabah. Epidemiologi umumnya dilakukan pada lingkup masyarakat tertentu, Mulai dari lingkup yang kecil hingga lingkup yang lebih besar, misalnya dimulai dari lingkungan perumahan, sekolah, daerah, negara, hingga dunia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*