Endemi, Pandemi, Epidemi, dan Wabah: Inilah Beda Istilah Epidemiologinya

Sharing for Empowerment

Pandemi merupakan wabah penyait yang terjadi serempak di mana-mana, meliputi daerah geografis yang luas (seluruh negara atau benua). Dengan kata lain, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama bagi seluruh warga dunia. Contoh penyakit pendemi antara lain HIV/AIDS dan Covid-19. Influenza juga awalnya pernah menjadi penyakit kategori pandemi dan menyebar seluruh dunia.

Kategori penetapan sebuah penyakit menjadi sebuah pandemi adalah: jika ada infeksi dari hewan ke hewan, ada infeksi dari hewan ke manusia, ada infeksi dari manusia ke manusia, dan kemudian menjalar ke luar negara.

Penyakit pes yang menimbulkan kematian 50 juta orang di seluruh dunia pada abad 14, flu Spanyol (1918-1920), flu Asia (1957-1958), flu Hongkong (1968), dan Kolera (1817) merupakan contoh penyakit pandemi yang kemudian ditetapkan menjadi endemi.

Sedangkan wabah adalah suatu peristiwa yang terjadi suatu penyait mulai menyebar dan menulari penduduka dengan jumlah lebih banyak daripada biasanya di dalam suatu area atau komunitas atau saat musim-musim tertentu. Wabah biasanya berlangsung dalam jumlah waktu lama, mulai dari hitungan hari hingga tahun. Tidak hanya di satu wilayah, tetapi wabah bisa juga meluas ke daerah atau negara lain di sekitarnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*